Kesehatan

20 Kota Terbaik Untuk Kesehatan Mental

Kota terbaik dalam hal ketenangan kesehatan mental itu sangat penting. Tahukah kalian untuk daftar kota yang memiliki kesehatan paling bagus?

Sebelum kita mengetahui, kita harus tahu apa itu kesehatan mental. Kesehatan jiwa atau kesehatan mental adalah tingkatan kesejahteraan psikologis atau ketiadaan gangguan jiwa. Kesehatan jiwa terdiri dari beberapa jenis kondisi yang secara umum dikategorikan dalam ‘kondisi sehat’, ‘gangguan kecemasan’, ‘stres’ dan ‘depresi’.

Ibukota negara Islandia, Reykjavik, menempati rangking paling atas dalam perincian kota terbaik dunia untuk kesehatan mental. Index diedarkan oleh jenama kesejahteraan Jerman, VAAY.

Salah satunya pendiri VAAY, Finn Age Hänsel, menguraikan arah riset. Tugasnya untuk memperlihatkan apa yang bisa diraih satu kota untuk masyarakatnya lewat tata urus efisien, peraturan lingkungan yang kuat, mekanisme kesejahteraan sosial, dan sumber daya.

Kota terbaik untuk kesehatan mental

“Tujuannya bukan untuk memilih kota-kota yang mungkin tertinggal di salah satu area, tetapi lebih menyoroti kota-kota yang menjadi contoh utama dari apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya,” ujar Hänsel.

Kota Terbaik dalam kesehatan mental yakni:

Susul Reykjavik, di rangking lima besar secara berurut diantaranya Kota Bern di Swiss, Helsinki di Finlandia, Wellington di Selandia Baru, dan Melbourne di Australia. Bersambung dengan Oslo di Norwegia, Kopenhagen di Denmark, dan Innsbruck di Austria.

Kota Hanover di Jerman ada di status sembilan. Lokasi lain yaitu Graz di Austria, Liverpool di Inggris, Montreal di Kanada, Wina di Austria, dan Auckland di Selandia Baru. Amsterdam di Belanda ikut masuk daftar 20 besar, bersama Montevideo di Uruguay, Zurich di Swiss, Koln di Jerman, Sydney di Australia, dan Stokholm di Swedia.

Pengolah data dibalik index memakai beragam metrik untuk memperoleh penemuan, terhitung tingkat kejahatan, kesetaraan gender dan minoritas, kepadatan warga, pencemaran udara, pencemaran suara, dan kemacetan jalan raya. Begitupun tingkat pengangguran, daya membeli lokal, susunan agunan sosial, peraturan pemerintahan, dan tanggapan pada wabah.

Ada lebih dari 500 kota dari penjuru dunia yang dipandang. Kota yang tidak mempunyai data yang bisa dipercayai sudah dieliminasi, sampai tersisa 100 kota. Reykjavik yang berada di pucuk rangking dilukiskan oleh beberapa riset sebagai kota dengan beberapa kesuksesan.

Suksesnya terhitung dalam pengurangan jam kerja, kenaikan demokrasi partisipatif, dan tekan jumlah kasus penyimpangan zat di kelompok remaja. Keseluruhannya, minggu kemarin Islandia dikukuhkan sebagai negara paling nyaman di dunia.

Kota terbaik untuk kesehatan mental

Negara itu jadi mercusuar perkembangan dalam soal kesetaraan gender, dan sebagai pimpinan di bagian energi panas bumi. Sementara, Hänsel menyebutkan tingkat pencemaran yang rendah, susunan agunan sosial yang kuat, dan kestabilan politik menolong Reykjavik menempati rangking paling atas.